Selasa, 03 Januari 2012

80% kerusakan pada mesin di industri adalah disengaja.......

Ya..., 80% terjadinya kerusakan pada mesin adalah karena tindakan sengaja yang kita lakukan terhadap mesin-mesin itu sendiri...
Lho... kok bisa..???? masak kita merusak mesin kita sendiri....???
Saya katakan... secara sadar mungkin kita tidak sengaja merusak mesin kita sendiri tetapi secara tidak sadar kita sesungguhnya secara sengaja merusak aset perusahaan tersebut

.. Mari kita lihat gambaran dibawah ini.....

Deterioration atau Kerusakan yang terjadi pada mesin / bagian-bagian mesin dapat disebabkan karena 2 hal yaitu Natural Deterioration dan Forced Deterioration.

Natural Deterioration atau Kerusakan Alami adalah kerusakan yang terjadi pada bagian-bagian mesin dimana bagian-bagian mesin tersebut digunakan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh si pembuatnya atau telah sesuai dengan prinsip-prinsip engineering yang ada

Sedangkan Forced Deterioration adalah kerusakan yang terjadi pada bagian-bagian mesin yang disebabkan karena penggunaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

Dengan demikian, kita harus mengarahkan semua bagian-bagian mesin berada dalam keadaan yang akan mengalami kerusakan yang alami... Mengapa Demikian....???
Karena dengan kondisi Natural Deterioration, umur dari bagian-bagian mesin akan dapat kita tentukan sebelumnya dan Mesin tidak akan Break Down secara mendadak. Dengan kondisi ini bagian-bagian mesin akan mengalami kerusakan yang terdegradasi atau menurun secara perlahan dan bukannya secara tiba-tiba. Karena salah satu sifat dari bagian mesin yang telah berada dalam kondisi Natural Deterioration adalah adanya sifat degradasi pada dimensi, kekuatan dan bentuk dan tidak akan pernah terjadi Break Down secara mendadak.

Oleh karena itu tidak heran jika sering dijumpai keadaan dimana tiba-tiba mesin menjadi break down tanpa ada tanda tanda sebelumnya. Hal ini disebabkan karena bagian mesin berada dalam kondisi Force Deterioration sehingga akibatnya tidak bisa dipastikan kapan bagian mesin tersebut akan mencapai titik lemahnya. Untuk itu, harus dipastikan bahwa semua bagian-bagian mesin berada dalam keadaan Natural Deterioration.

Ada 4 hal yang menjadikan mesin berada dalam keadaan Forced Deterioration yaitu:
1. Adanya Dust / Dirty, ini artinya jika mesin dalam keadaan kotor, penuh debu, jorok apalagi banyak ketumpahan oli atau grease dan contaminant yang lain maka... mesin tersebut sudah berada dalam keadaan Forced Deterioration.
2. Tidak ada Lubrikasi / Lubrikasi yang berlebihan. Artinya harus dipastikan bahwa semua bagian-bagian mesin yang bergerak harus diberi pelumas yang cukup, preventive maintenance harus terkontrol dengan baik. Dan, Lubrikasi tidak boleh berlebihan. Lubrikasi yang berlebih akan menyebabkan bagian-bagian mesin tidak akan leluasa untuk bergerak dan malah menjadikan bagian mesin tersebut berada dalam kondisi yang Force Deterioration.
3. Gap atau Kelonggaran Dibiarkan. Penyakit yang biasanya terjadi dan dibiarkan adalah baut yang kendor.... Orang masih bisa jalan dan nggak bermasalah mesinnya kok...... Justru keadaan inilah yang paling berbahaya. Baut yang kendor akan membuat sinergi kerusakan yang luar biasa terhadap bagian-bagian mesin yang lainnya.
4. Suhu, Kelembapan dan Ketegangan dari lingkungan yang mengelilingi bagian-bagian mesin. Hal ke-4 ini yang sering terlewati.. karena memang kita sudah terbiasa tidak memperhatikan lingkungan kerja kita apakah sesuai dengan bagian-bagian mesin atau tidak

Dengan menghindari 4 hal diatas maka... kita akan mendapatkan keadaan mesin yang sehat beroperasi dan tentunya kita tidak akan secara sengaja merusak mesin kita sendiri.....

Selamat Bekerja kembali... terus belajar ... dan belajar untuk menjadikan kita lebih BISA dan BISA.
Untuk lebih mengetahui tentang ulasan diatas dan belajar tentang Penanganan Praktis Kerusakan Mesin silahkan berkunjung ke http://indroagunghandoko.blogspot.com/p/practical-problem-solving.html

0 comments:

Posting Komentar